MusrenbangCam Sasitamean01Musyawarah Perencanaan Pembangunan dalam rangka penyusunan Dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka Tahun 2024 tingkat Kecamatan Sasitamean yang diselenggarakan di Aula Kantor Camat Sasitamean, dipimpin oleh Camat (Alfridus Neonbasu, SP., M.Si). Peserta Musrenbangcam dari tingkat Kabupaten, dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Malaka (Ferdinand Un Muti, S.Hut., M.Si), Anggota DPRD Kabupaten Malaka Dapil III (Ronaldo Asury, S.Sos), Sekretaris BP4D Kabupaten Malaka (Sipridion Marsudayana Seran, A.Md) bersama Tim, Pejabat dari SKPD Kabupaten seperti Dinas Pertanian, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Sosial, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Dinas Perhubungan, Wakil Ketua Tim Percepatan Pembangunan Kabupaten Malaka (Yulius Klau, ST). Sedangkan peserta dari tingkat kecamatan dan desa dihadiri oleh Kapalosek Sasitamean, Bhabinkamtibmas, Para Kepala Desa Terpilih yang baru dilantik pada 14 Februari 2023 bersama utusan, Sekretaris Camat Sasitamean bersama staf di tingkat kecamatan.

Ferdinand Un Muti, S.Hut., M.Si sebagai Sekretaris Daerah Definitif ke-2 di Kabupaten Malaka yang juga adalah Putra Sasitamean, dalam menyampaikan arahan Bupati Malaka memberikan ucapan selamat kepada Para Kepala Desa yang baru dilantik dengan beberapa pesan yaitu:

  1. Penggunaan Dana Desa khusus untuk infrastruktur difokuskan pada penyediaan infrastruktur yang mendukung pertumbuhan ekonomi;
  2. Dana Desa digunakan + sebesar 30% untuk mendukung prioritas nasional yaitu penanganan penurunan stunting;
  3. Perangkat Desa/Aparatur di tingkat kecamatan supaya memperhatikan kebersihan lingkungan kerja maupun fasilitas umum/fasilitas publik seperti Sekolah, Kantor Desa, Puskesmas, Polindes/Posyandu. Selain itu juga Sekda Malaka juga mengharapkan masing-masing desa membersihkan bahu jalan yang ada di Kecamatan Sasitamean;

Sekda Malaka di MusrenbangDalam arahan terakhir, Sekda memerintahkan Para Kepala Desa yang baru saja dilantik supaya segera menyusun Dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Desa periode 2023-2029, dimana sesuai ketentuan Ayat 2 Pasal 5 Permendagri Nomor 114 Tahun 2014 dan Ayat 3 Pasal 22 Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 21 Tahun 2020 mengamanatkan bahwa Dokumen RPJM Desa disusun dan ditetapkan dalam jangka waktu paling lama 3 (tiga) bulan terhitung sejak pelantikan Kepala Desa. Menurut Sekda, agar terciptanya sinkronisasi dan sinergitas antara dokumen RPJMD Kabupaten Malaka dengan dokumen RPJM Desa, Para Kepala Desa segera berkoordinasi dengan Kepala BP4D Kabupaten Malaka. Kepala BP4D Kabupaten Malaka bersama tim juga akan terlibat dalam penyusunan maupun verifikasi rancangan APB Desa.

Adapun tahapan penyusunan RPJM Desa menurut Permendagri Nomor 114 Tahun 2014 dan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 21 Tahun 2020 sebagaimana diuraikan pada gambar di bawah.

Tahapan RPJM Desa

Tahapan Penyelarasan arah kebijakan perencanaan pembangunan kabupaten/kota dan tahapan Pencermatan Hasil Penyelarasan Arah Kebijakan Perencanaan Pembangunan Desa dengan kegiatan yang harus dilaksanakan oleh Tim Penyusun RPJM Desa adalah mempelajari dan mengkaji daftar rencana program dan kegiatan yang masuk ke Desa. Pada tahap ini Tim Penyusun melakukan koordinasi dengan Kepala BP4D Kabupaten Malaka untuk mendapatkan informasi terkait:

  1. RPJMD Kabupaten Malaka;
  2. Renstra Perangkat Daerah;
  3. RTRW Kabupaten Malaka;
  4. Rencana Rinci Tata Ruang Wilayah Kab. Malaka; dan
  5. Rencana Pembangunan Kawasan Perbatasan.

Sekda Malaka mengharapkan dengan adanya koordinasi yang intensif, Tim dapat menyusun Rancangan RPJM Desa yang berkualitas dan tepat sasaran juga tepat waktu penetapannya.

Dalam pelaksanaan Musrenbangcam tersebut menghasilkan beberapa prioritas pembangunan tingkat Kecamatan Sasitamean yang diusulkan untuk dibiayai maupun diperjuangkan oleh Pemerintah Kabupaten Malaka yaitu: Pembangunan Kantor Camat Sasitamean, Peningkatan Jalan (Ruas Jalan Sp. Nurobo-Sp.Umasukaer, Balibo-Buimeton-Naisau, Naisau-Biau, Wekfui-Koka-Fatuknutuk), Pembangunan Puskesmas Prototype beserta Laboratium, dan Pembangunan RKB untuk SMP Builaran. Sesuai pantauan Tim BP4D Kabupaten Malaka, Bangunan gedung Kantor Camat Sasitamean dan beberapa ruas jalan yang diusulkan tersebut memang dalam keadaan rusak berat. (DAG)

MusrenbangCam Sasitamean02